skip to Main Content

Mesin laser cutting dari setiap jenis

Lakunya.com – Mesin laser cutting adalah salah satu alat yang banyak digunakan pada dunia advertising, dan pada industri kreatif serta ukm, ada banyak pilihan dan tipe yang tersedia, tergantung dari kebutuhan dan penggunaannya.

Laser cutting

 

Mesin laser ini sendiri memiliki kemampuan sebagai berikut:

  • Menggores (Marking), sinar laser merusak bagian permukaan material sehingga meninggalkan tanda berupa goresan.
  • Gravir (Engraving), sinar laser plasma menggores permukaan material dengan kedalaman yang berbeda sehingga menghasilkan bentuk ukiran atau gambar atau motif yang sesuai dengan gambar yang kita inginkan..
  • Melubangi (Perforating / Punching / Cutting), sinar laser plasma melubangi material dengan bentuk sesuai yang kita Inginkan

Dari sekian banyak tipe dan jenis yang ada, hanya beberapa saja yang umum digunakan dan lebih banyak ditemui, untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut;

Mesin laser cutting CO2

Ini adalah yang paling populer dan paling banyak ditemui, dapat digunakan untuk melakukan proses pemotongan dan juga grafir, tersedia untuk mesin yang dapat digunakan untuk memotong bahan metal dan non-metal.

Jenis mesin ini menggunakan tabung laser CO2, ada masa habis pakai untuk tabungnya, berkisar antara 5000 – 10000 jam, tergantung dari tipe lasertube tersebut, dan memiliki power laser yang berbeda.

Power tersedia untuk jenis CO2 laser ini mulai dari 60 watt sampai dengan 260 watt, semakin besar power maka semakin tebal bahan yang dapat dipotong, sedangkan untuk bidang area kerjanya lebih bervariasi, ada 40 x 60 cm, lalu 130 x 90 cm, dan 130 x 250 cm.

Mesin laser cutting CO2 non metal

Bahan non-metal yang dikerjakan kebanyakan adalah acrylic, mdf, dan kulit, meskipun bisa juga untuk memotong beberapa jenis bahan lainnya, ketebalan bahan yang dapat di potong juga bervariasi, tergantung power dari mesin tersebut.

CO2 Laser

Power laser untuk jenis non-metal bervariasi, yang terendah adalah 60 watt, untuk yang umum dipasaran dengan bidang area kerja 130 x 90 cm, biasanya memiliki power dengan kekuatan 100 – 130 watt, itu jika khusus non-metal.

Mesin laser cutting CO2 metal

Pada jenis CO2 laser yang dapat dipergunakan untuk memotong bahan metal, untuk power yang dimiliki setidaknya adalah 150 watt, biasanya dapat digunakan untuk memotong bahan stainless, dan carbon steel dengan ketebalan yang terbatas.

Namun untuk menjadi catatan, jenis CO2 laser apabila digunakan untuk memotong bahan metal hasilnya tidak akan terlalu rapi, jadi membutuhkan finishing lagi, karena hasil potongnya agak kasar, dan kecepatannya juga terbatas.

Sample cutting laser CO2 metal

Untuk informasi tambahan, jenis CO2 laser menggunakan lasertube atau tabung laser, dan lasertube ini memiliki masa lifetime, biasanya antara 5 ribu sampai dengan 10 ribu jam, dan apabila telah habis maka harus diganti, dan harga mesin laser cutting metal CO2 ini juga lebih mahal.

Mesin laser cutting YAG

YAG Laser termasuk Laser Solid State, komponen yang digunakan dalam laser jenis ini adalah Nd:YAG (Neodymium-Doped Yttrium Aluminium Garnet) dan Nd:YVO (Neodymium-Doped Yttrium Ortho-Vanadate), yang kemudian dikenal dengan nama YAG Laser.

YAG laser memiliki komponen dioda pompa yang cukup mahal dan termasuk consumable parts (bagian yang ada masa habisnya), pompa dioda hanya berumur sekitar 8000 hingga 15000 jam operasional, YAG berada di posisi laser kelas menengah.

Mesin fiber laser

Jenis mesin fiber laser berbeda sendiri dibandingkan dengan CO2 dan YAG laser, untuk jenis ini khusus digunakan hanya pada bahan metal, seperti contohnya carbon steel, stainless, kuningan, aluminium, dan lainnya, dan tidak dapat dipergunakan untuk memotong bahan non metal.

Fiber laser

Namun sebagai catatan, tidak semua jenis fiber laser dapat dipergunakan untuk memotong bahan kuningan atau aluminium, biasanya hanya bahan stainless atau carbon steel saja, jadi hanya tipe tertentu saja, namun secara umum dapat dipergunakan sebagai alat potong plat stainless steel.

Power yang dimiliki dari jenis fiber laser ini mulai dari 300 watt, hingga lebih dari 3000 watt, jenis ini menggunakan laser generator, tidak lagi menggunakan tabung laser, untuk masa lifetimenya mencapai 100 ribu jam, hasil potong pada bahan metal merupakan yang paling baik.

Kelemahan dari jenis fiber laser adalah harganya merupakan yang paling tinggi, harga laser cutting plat atau logam ini tergantung juga dari power serta ukurannya, dan juga dari merk laser generator yang terdapat pada mesin tersebut.

Mesin laser marking

Mesin laser marking memiliki perbedaan dibandingkan dengan jenis laser cutting, karena hanya digunakan sebagai alat untuk melakukan proses grafir, jadi tidak dapat digunakan untuk memotong, kalaupun untuk memotong hanya bisa pada bahan kertas saja.

Mesin laser marking

Laser marking ini memiliki tingkat kecepatan yang bagus, dan memiliki hasil engraving yang presisi, namun untuk ukuran yang ada rata-rata memiliki bidang area kerja yang kecil, seperti 30 x 30 cm, atau 60 x 60 cm.

Namun meskipun begitu, untuk harga jual mesin laser marking bisa lebih mahal dibandingkan dengan jenis CO2 laser cutting, walaupun kemampuannya hanya untuk melakukan proses engraver saja.

Harga mesin laser cutting

Harga mesin cutting laser beragam, dilihat dari ukuran, power laser, serta jenisnya, untuk jenis CO2 laser memiliki harga jual yang paling murah, sedangkan untuk jenis fiber laser memiliki harga jual yang paling mahal.

Mesin CO2 laser dengan ukuran 130 x 90 cm, dan memiliki power 130 watt mencapai 110 jutaan, itu untuk jenis non-metal, sedangkan untuk jenis metal dan non-metal untuk ukuran yang sama dengan power 150 watt mencapai 190 jutaan.

Laser cutting kayu

Sedangkan untuk harga mesin fiber laser yang menggunakan power 300 watt, dan memiliki bidang area kerjan 130 x 250 cm mencapai 600 jutaan, namun memang kualitasnya berbeda sendiri dibandingkan dengan CO2 laser.

Lebih lengkapnya untuk merk Oree dan Gweike adalah sebagai berikut:

Harga CO2 laser

Harga fiber laser

  • Gweike LF 1325L (300 watt) – Rp. 625 juta
  • Gweike LF 1325L (500 watt) – Rp. 816 juta
  • Gweike LF 1325N (750 watt Raycus) – Rp. 1 M
  • Gweike LF 1325N (700 watt IPG) – Rp. 1,1 M
  • Gweike LF 3015C (1000 watt Raycus) – Rp. 1,9 M
  • Gweike LF 3015C (1000 watt IPG) – Rp. 2 M

Mesin laser cutting Oree

Oree merupakan salah satu produsen asal China yang fokus pada pengembangan jenis laser cutting, memiliki pabrik sendiri untuk memproduksi setiap mesinnya, sehingga quality control dapat terawasi secara langsung, dengan ketersediaan spare parts yang ada.

Oree laser

Untuk tipe yang tersedia diantaranya yaitu:

Oree O-C 1309

  • Working Area: 130 x 90 cm
  • Laser Power: 130 watt
  • Lasertube: Yongli
  • Type: Non metal

Oree O-CM 1309

  • Working Area: 130 x 90 cm
  • Laser Power: 150 watt
  • Lasertube: Yongli
  • Type: Metal

Oree O-B 1325

  • Working Area: 130 x 250 cm
  • Laser Power: 130 watt
  • Lasertube: Yongli
  • Type: Non metal

Oree O-BM 1325

  • Working Area: 130 x 250 cm
  • Laser Power: 150 watt
  • Lasertube: Yongli
  • Type: Metal

Cutting dan engraving

Oree di Indonesia memiliki service center resmi yang berlokasi di Jakarta, sehingga untuk kebutuhan support atau spare parts tidak sulit untuk mencarinya, dan aftersales dapat terlayani dengan baik.

Mesin laser cutting terbaik

Dalam menentukan mesin laser cutting terbaik tidak hanya dilihat dari hasil potongnya saja, meskipun itu adalah salah satu faktor utama, tetapi juga ada beberapa hal lainnya yang juga dapat menjadi pertimbangan.

Ketersediaan service center resmi dan juga spare parts yang ada menjadi salah satu faktor penunjang, karena pasti dibutuhkan jika sewaktu-waktu terjadi kendala, selain itu stabilitas dari kinerja mesin tersebut.

Engraving bahan kulit

Produk asal China yang banyak tersedia (dan menjadi mayoritas) kebanyakan memiliki fisik yang kurang kokoh, hanya beberapa merk saja yang memang memiliki fisik mesin yang kuat, karena terbuat dari material yang bagus.

Ini dapat berpengaruh pada daya tahan mesin dan kinerja pada akhirnya, karena tetap stabil pada saat melakukan proses kerja, dan umur mesin juga lebih panjang, maka perhatikan juga berat mesin tersebut pada spesifikasinya.

Hampir semua produk laser ini di dominasi merk asal China, karena harga jual yang lebih murah dan kemampuannya yang baik (untuk beberapa merk), meskipun ada juga yang merupakan produk Eropa dan US.

Tips merawat mesin laser cutting

Untuk merawat mesin laser cutting tidak terlalu sulit, namun banyak pengguna yang terkesan membiarkan hal sepele, sehingga menyebabkan kendala pada mesin tersebut, seperti contoh paling sederhana adalah membersihkan sehabis selesai dipergunakan.

Parts

Beberapa bagian penting yang harus dijaga seperti contohnya lensa, seperti fokus lens atau reflection lens, lalu perhatikan juga mengenai arus listrik, disarankan menggunakan stabilizer, dan akan lebih baik menggunakan UPS.

Bagian atau parts dari mesin laser ini yang ada masa habisnya adalah lasertube, lensa, dan beberapa bagian lainnya, untuk lasertube sendiri biasanya masa pakai antara 5 ribu sampai dengan 10 ribu jam, tergantung dari tipe dan merknya.

Pertimbangan menentukan harga jasa

Ukuran barang yang akan dipotong, industri rumahan identik dengan benda yang tidak terlalu besar, sedangkan industri besar identik dengan benda yang lebih besar, sebagai contoh, toko sepatu industri rumahan biasanya menggunakan material dengan ukuran yang lebih kecil.

Harga jasa laser cutting

Oleh karena itu, harga yang ditawarkan oleh penyedia jasa biasanya akan lebih terjangkau, lalu banyaknya material yang akan dipotong, maksudnya adalah jika anda ingin harga jasa yang lebih terjangkau, sebaiknya potonglah lebih banyak material.

  • Ketahui berapa mesin yang akan anda beli, berapa banyak mesin yang anda beli, akan mempengaruhi harga jasa yang ditawarkan, lalu pertimbangkan tentang listrik di rumah anda jika anda memiliki industri rumahan, listrik akan sangat mempengaruhi biaya produksi anda.
  • Lalu adalah barang-barang lain yang digunakan dalam produksi ini, jangan lupa untuk menambahkan biaya tak terduga, kemudian umur mesin juga harus jadi bahan pertimbangan anda dalam menentukan harga.
  • Pertimbangkan juga biaya bahan apabila anda yang menyediakannya, quantity dari produksi juga termasuk vital untuk diperhitungkan, dan biaya operator + karyawan (apabila tidak menjalankan sendiri).

Penutup

Garansi dari mesin ini rata-rata adalah selama satu tahun, dan garansi meliputi service serta spare parts, namun ada bagian yang tidak termasuk dalam garansi, yang tidak termasuk dalam garansi adalah consumable parts atau bagian yang ada masa habisnya, seperti contohnya adalah lensa.

Apabila berminat dan berniat untuk membeli mesin ini, ada baiknya untuk melihat demo mesin tersebut secara langsung, dan pastikan juga mengenai ketersediaan spare parts dan service center resminya, sehingga pelayanan support dan aftersales dapat terlayani dengan baik.

Sample mesin fiber laser

Dan jangan lupa juga untuk membaca review dari merk yang dipilih, sebagai informasi tambahannya, agar bisa melihat tingkat kepuasan dari merk yang bersangkutan sebelum memutuskan untuk membeli.

Selisih harga jasa laser cutting dengan cost produksinya memang menarik, sehingga banyak yang berinvestasi pada mesin ini, pangsa pasar dari mesin laser cutting tergolong luas, karena banyak bidang yang dapat dimasuki, tinggal memilih mesin yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top